Bappeda TTS Luncurkan Aplikasi Berbasis Website untuk Layanan Air Minum dan Sanitasi

·

·

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Timor Tengah Selatan (Bappeda TTS) membuat sebuah aplikasi berbasis web dengan nama Siairmas.com, yang merupakan untuk menampilkan berbagai data dan informasi serta cakupan layanan air minum dan sanitasi di wilayah Kabupaten TTS. Kepala Bappeda Yohanis Benu, didampingi Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah (Kabid IPW) Evy Maria Aty kepada media, Senin (6/11/2023) di ruang kerjanya menyampaikan tersedianya Siairmas ini adalah sistem informasi data terpadu sektor air minum dan sanitasi yang dapat menjadi pedoman dalam penyusunan perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan khusus sektor air minum dan sanitasi serta membangun kolaborasi dan kerja sama untuk peningkatan cakupan layanan air minum dan sanitasi baik layak maupun aman Menjadi data dasar dalam upaya pemenuhan cakupan layanan air minum layak, air minum aman serta sanitasi layak dan aman sesuai arahan RPJMN, RPJMD Provinsi, RPJMD Kabupaten TTS, SPM,SDGS. Menjadi sumber data dalam rangka membangun Kerjasama antar desa terkait pemanfaatan sumber air.

Lebih lanjut dijelaskan Benu bahwa aplikasi tersebut sangat dibutuhkan untuk mendukung tugas-tugas di Bappeda dalam hal perencanaan dan aplikasi siarimas itu juga sangat memudahkan baik secara data maupun penganggaran bersama stakeholder yang lain untuk melakukan intervensi program maupun kegiatan yang lain.

Menurutnya kepala Bappeda, apabila aplikasi tersebut maksimal maka, semua pemangku kepentingan bahkan sampai ke tingkat desa bisa mengelola dan menginput data dari desa melalui aplikasi tersebut.

“Kita sangat berharap agar Aplikasi ini dapat terlaksana sehingga ke depan bukan hanya digunakan untuk sanitasi dan air minum saja seperti saat ini. kita akan terus mendorong agar ke depan semua perangkat Daerah bisa menggunakan aplikasi tersebut sehingga semua akses bisa dipermudah melalui aplikasi Siairmas.com ini,” ujarnya.

Aplikasi tersebut akan digunakan oleh seluruh desa dan kelurahan di kabupaten TTS karena ke depan setiap Desa akan dijadikan sebagai admin guna mengelola website tersebut dari Desa masing- masing Desa karena sudah bisa di jangkau oleh masyarakat melalui link siairmas.com.

Data yang terinput oleh Admin Desa melalui menu selanjutnya akan diverifikasi dan di falidasi bila sudah lengkap baru di posting pada web agar bisa diakses oleh pengguna yang bisa di buka melalui Google dengan ketik Siairmas.com linknya akan langsung terbuka.

Untuk diketahui bahwa untuk saat ini sudah 13 desa yang datanya air minum dan sanitasi sudah teruodate di web tersebut dan kurang lebih sudah seribu lebih pengunjung yang telah membuka web tersebut.

Penulis : Walem Leba
Sumber Asli : https://infontt.com/bappeda-tts-buat-aplikasi-berbasis-website-untuk-layanan-air-minum-dan-sanitasi/